Kerjasama Internasional Perguruan Tinggi dalam Persaingan Global

Posted By DPKA UII    04 October 2015    17:32:18

 Kerjasama Internasional Perguruan Tinggi dalam Persaingan Global

Dalam menghadapi persaingan global yang semakin komplek, institusi pendidikan dituntut untuk mampu berperan aktif, inovatif, dan inspiratif sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing unggul. Upaya yang bisa dilakukan oleh institusi pendidikan terutama perguruan tinggi adalah dengan menjalin kerjasama internasional dengan perguruan tingi lain dari berbagai negara.

Dalam rangka meningkatkan kerjasama internasional di Universitas Islam (UII) Indonesia, Direktorat Pemasaran, Kerjasama dan Alumni (DPKA) UII menyelenggarakan Sosialisasi dan Workshop Pemetaan Kerjasama Internasional pada Kamis (22/10) bertempat di Gedung Kuliah Umum Lantai 2 Prof. Sardjito UII.

Turut hadir mengikuti kegiatan tersebut, Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., Wakil Rektor III UII Dr. Abdul Jamil, SH. MH., dengan mengundang beberapa pembicara diantaranya; Direktur Internasional Program UII Ir. Wiryono Rahardjo, Ph.D., Direktur DPKA UII Hangga Fathana SIP., B.Int.St., MA., Kasubdit Kerjasama Perguruan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi RI Purwanto Subroto, Ph.D., dan Resident director of ACICIS Indonesia Elena Williams.

Dalam Sambutannya Abdul Jamil memberikan apresisasi positif atas terselenggaranya acara tersebut, terutama dalam rangka meningkatkan intensitas kerjasama internasional antara UII dengan berbagai universitas dari luar negeri.“Harapannya Momerandum of Understanding (MoU) yang sudah banyak kita lakukan selama ini tidak hanya menjadi dokumen pelengkap saja, setidaknya ada implementasi dan realisasi nyata dari kerjasama tertulis tersebut”, tambahnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian diskusi oleh Wiryono Rahardjo mengenai praktek-praktek kerjasama yang sudah terjalin sebagai upaya internasionalisasi pendidikan UII, dan pemaparan materi oleh Hangga Fathana mengenai rencana kegiatan peningkatan kerjasama internasional.